Bangga, Patung Di Indonesia Ini Kalahkan Kemegahan Patung Liberty Di Amerika Serikat


Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Bali. Ya, patung yang terletak di desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali ini menjadi patung termegah ketiga di dunia.

Patung Liberty d Amerika Serikat bahkan kalah megah dibandingkan patung di Bali ini. Ketinggian patung Liberty diketahui ‘hanya’ mencapai 93 kilometer, sementara ketinggian patung GWK mencapai 121 meter, seperti yang dilansir di liputan6.com (18/07/19).

Lebih jauh, patung GWK juga menjadi ‘simbol’ kemampuan Indonesia untuk melahirkan mahakarya yang baru, setelah karya besar di masa lalu seperti candi Borobudur dan candi Prambanan.


Pembuatan patung megah ini melibatkan sekitar 1.000 orang pekerja, dengan durasi waktu selama 28 tahun. Bahan utamanya meliputi 21.000 batang baja dengan berat 2.000 ton, baut sebanyak 170.000 buah serta tembaga dan kuningan.

Tak hanya itu, pembuatan patung GWK juga menjalani beberapa uji coba, seperti tes ketahanan angin dan tes rongga secara berkala di Kanada dan Australia.

Pencipta patung GWK, Nyoman Nuarta menyatakan patung akan mampu bertahan selama kurang lebih 100 tahun. Nyoman pun yakin selama 100 tahun itulah patung GWK menjadi karya peradaban yang banyak dibicarakan dunia.


Diketahui, patung GWK diresmikan pada 22 September 2018 oleh Presiden Joko Widodo. Artinya, patung ini masih belum berusia setahun, seperti yang dilansir di liputan6.com (18/07/19).

Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.