5 Fakta Ilmiah yang Nggak Pernah Dibahas Sama Guru IPA Padahal Penting Jangan sampai lo nggak tahu.


Di sekolah, kita emang udah diajarin banyak hal. Kita dikasih tahu soal gimana makanan dicerna, gimana manusia bisa lahir, gimana tumbuhan makan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, masih ada banyak hal penting yang nggak dibahas saat kita sekolah. Kita harus cari tahu sendiri. Contohnya aja adalah fakta ilmiah yang berikut ini.

1. Perut manusia bisa menghancurkan pisau cukur.


Via razorbladeco.com

Jangan pernah meremehkan tubuh lo. Ternyata tubuh lo tuh lebih kuat dari yang lo bayangkan loh. Asam di perut lo bisa menghancukan pisau cukur loh. Ilmuwan menyatakan kalo satu buah pisau cukur bisa hancur dalam wakry dua jam di dalam perut manusia. Akan tetapi jangan terus dicoba nelen pisau cukur looh. Lo bukan Limbad.

2. Sebagian besar oksigen di Bumi diproduksi oleh lautan.


Via Phys.org

Awalnya mungkin lo beranggapan kalo oksigen di Bumi berasal dari hutan hujan. Itu nggak salah sih tapi ada yang lebih tepat nih. Ternyata lebih dari separuh oksigen di Bumi dihasilkan oleh laut. Plankton, rumput laut, dan lainnya yang ada di laut adalah sumber terbesar oksigen.

3. Binatang laut pakai medan magnet bumi buat orientasi arah.

Via Oceana.org

Menurut U.S. Geological Survey, ada banyak binatang laut yang pakai magnet Bumi untuk menentukan arah. Kalo mereka nyasar, mereka biasanya tetep bisa kembali ke rumah awalnya.

4. Satu sendok teh tanah mengandung mikroorganisme yang jumlahnya lebih banyak dari orang yang ada di Bumi.


Via sciencewows.ie

Yaaaps, mungkin lo nggak bisa ngeliatnya dengan mata telanjang tapi mereka ada. Di tanah itu ada jutaan bakteri, algae, semut, fungi, dan lain sebagainya.

5. Ada satu huruf yang nggak muncul di tabel periodik.


Via Sporcle

Yang kemana-mana selalu bawa tabel periodik, tahu nggak sih huruf apa yang nggak ada di tabel itu? Jawabannya adalah huruf "J". Lo nggak akan menemukannya meski lo cari berkali-kali. Cek aja.