Hidup Sehari Lalu Mati, Inilah Hewan Dengan Umur Terpendek Di Dunia, Untung Jadi Manusia


Kita patut bersyukur terlahir rupa manusia di dunia. Selain makhluk Tuhan paling sempurna, manusia pada umumnya diberi kesempatan hidup yang panjang.

Bagaimana kalau kita terlahir rupa serangga air ‘Mayflies’ yang hanya diberi kesempatan hidup sehari? Berikut beberapa hewan yang memiliki umur paling pendek di dunia, seperti yang dilansir di liputan6.com (01/07/19).

1. Mayflies


Mayflies (serangga air) dinobatkan sebagai hewan dengan umur paling pendek di dunia, yakni 24 jam. Kendati begitu, Mayflies betina bisa mengeluarkan telur sebanyak 400-3.000 butir, di sela-sela umur pendeknya.

Telur akan menetas dalam beberapa hari saja.

2. Semut jantan


Semut jantan atau Drone Ants umumnya hanya memiliki siklus hidup 3 minggu saja. Semut ini akan mati ketika kawin dengan si betina.

Walau usianya pendek, semut jantan sangat berperan penting membantu semut betina berkembang biak.

3. Capung


Tahukah Anda berapa durasi hidup capung di dunia? Pada umumnya, hewan ini hanya memiliki umur tak kurang dari empat bulan.

Kebanyakan capung mati karena dimakan hewan-hewan yang lebih besar, seperti burung dan katak atau terkena angin kencang.

4. Tikus


Tikus memiliki umumnya memiliki hidup setahun jika tak dimakan kucing dan ular atau diracun manusia.

Hewan ini memang cepat tumbuh besar, namun rentan terhadap masalah kesehatan. Hal inilah yang menyebabkan tikus memiliki durasi hidup yang pendek.

5. Gastrotricha


Gastrotricha tergolong hewan mikroskopis (hewan yang sangat kecil). Anda bisa menemuinya di air tawar maupun laut.

Gastroticha hanya diberi kesempatan hidup selama tiga hari.

Itulah lima hewan yang memiliki umur paling pendek di dunia, seperti yang dilansir di liputan6.com (01/07/19). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.